A Short Journey

21 Agu

Cast : Super Junior

Genre : Friendship


Maret,26 2010

Leeteuk tidak dapat menahan airmatanya untuk jatuh,setelah berkata,”We made it Hangeng-ah,Kangin-ah,Kibum-ah,” sembari mengacungkan piala Mubank pertama mereka setelah 4jib Bonamana. Melihat leader mereka berjalan ke belakang panggung sembari menunduk menghapus air matanya,Donghae melanjutkan perkataan Leeteuk untuk mengucapkan terimakasih & mengikuti hyungnya ke belakang karena dia sendiri tak mampu menahan airmatanya. Leeteuk berharap airmatanya habis,namun dia terus menangis,satu per satu member menghampiri Leeteuk & mereka saling berpelukan. Menangis. Ada secercah harapan kosong di hati Heechul,”Hangeng-ah,seandainya kau ada di sini,Kangin-ah,Kibum-ah juga…,”namun lirihan hati itu tak terucap & menyangkut ditenggorokannya yang sama sekali tidak kering.

Pertengahan Mei 2010

Ryeowook POV

Kami menjadi sangat sibuk setelah 4jib Bonamana keluar. Kami harus giat promosi untuk kesuksesan album ini seperti Sorry Sorry sebelumnya. Tidak ada tawa saat kami bercanda dengan santainya seperti dulu,tidak ada yang berleya-leya,tidak ada yang mengurusi urusan pribadi mereka. Kami berlatih dance,menyanyi,Eeteuk hyung & Eunhyuk hyung sibuk membagi waktu mereka dengan siaran. Heechul hyung juga mulai sibuk setelah meninggalkan dunia entertainment selama 3 bulan. Jika tiba di dorm kami akan langsung terkulai lemas & itu pun harusnya kami menyempatkan waktu latihan & olahraga. Donghae & Eunhyuk hyung sibuk ke gym tengah malam. Siwon hyung sibuk pemotretan kesana-kemari. Semua sibuk.

Di saat-saat seperti ini aku teringat Kibum,apa yang dia lakukan saat ini? Apa kabarnya? Apakah dia sehat? Aku ingin menghubunginya namun manager bilang Kibum sedang sibuk dengan satu project film barunya.

Aku lalu teringat Kangin hyung. Apa dia sehat-sehat saja? Dia kabarnya tambah gemuk saja sejak absen. Semoga proses hukumnya berakhir cepat sehingga kami dapat bersama lagi setidaknya samapai tahun depan dia & Eeteuk hyung akan wamil. Sebenarnya kami menyisakan bagian untuk Kangin hyung di setiap lagu yang kami ciptakan,bukan untuk hyung saja,untuk Kibum jika sewaktu-waktu dia kembali bahkan untuk Hangeng hyung yang memang sudah menegaskan dia keluar. Bagi Eeteuk hyung,masih ada tempat untuk Hangeng jika dia ingin kembali. Aku berharap,keinginan Eeteuk hyung dikabulkan. Bukan,keinginan kami semua dikabulkan,Hangeng hyung akan kembali suatu saat & kami akan selalu menerimanya dengan senang hati.

”Yak,Wookie-ah,belum tidur?”Tanya Yesung hyung yang kukira sudah tidur dari tadi.

”Ne hyung,aku kangen mereka,”jawabku lesu. Yesung hyung bangun dari tempat tidurnya & duduk. Sekarang kami duduk saling berhadapan. Yesung hyung menghidupkan lampu meja di antara ranjang kami.

”Kau kangen 3 orang itu?”tanya Yesung. Aku mengangguk. Yesung hyung terdiam,dia seperti menerawang sesuatu.

”Aku juga merindukan mereka,”ucap Yesung hyung.

”Hyung…,”

”Mwo?”tanyanya.

”Jangan bilang hyung rindu meraba pithrum mereka,”jawabku polos.

”Mwola?! Aish kau ini dongsaeng yang tidak bermartabat! Aku kangen mereka,kehadiran mereka…ya walau aku juga kangen megangin pithrum si Kibum yang panjang itu,”ucap Yesung hyung. Aku tidak tau dia sedang becanda atau tidak. Yang aku tau,aku melihat wajah hyung menjadi muram.

”Kapan mereka kembali? Kapan kita lengkap lagi?”tanyaku sedih. Yesung hyung merangkulku.

”Sebelum kita berhenti melakukan perkerjaan ini sama-sama,kita akan lengkap ber-13,aku yakin itu,”ucap Yesung hyung. Ya,aku juga berharap begitu hyung…aku bukan hanya berharap itu. Aku berharap masa kami tetap seperti ini. Kami menyanyi,menari menghibur jutaan fans kami bersama-sama ber-13…selamanya…

”Sudahlah,ayo tidur,besok kita mau jumpa fans,”Yesung hyung menepuk bahuku. Aku mengangguk & berbaring,masuk ke selimutku. Hyung lalu mematikan lampu & kembali ke ranjangnya.

***

Hari ini kami mangadakan jumpa fans di SBS. Suka cita & kegembiraan muncul dari hati kami & ELF. Kami mencintai ELF & menganggap mereka adalah sinar matahari jika kami adalah sehelai daun. Kami membutuhkan semangat dari ELF untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang kami miliki. Mungkin kami tidak mampu mengingat nama mereka,kami tidak mampu mengingat wajah mereka. Hanya 1 yang kami ketahui jika bertemu salah seorang ELF,wajah ceria mereka yang mampu membuat kami tersenyum. Mereka adalah Super Girl kami selamanya.

Kami sedang asyik bermain bersama sampai seseorang tiba-tiba menyanyikan lagu Marry You. Suara yang berat & sopran ini…

”Kangin-ah?!”Eeteuk berdiri & menghadap ke belakang. Semua mengikuti Eeteuk menoleh ke belakang. Sementara ELF mulai berteriak histeris. Seorang pria berdiri sembari memegang mic. Pria itu terlihat gemuk & memakai topi.

”Kangin hyung!”Donghae langsung berlari ke arah Kangin hyung & memeluknya. Aku mengikuti Donghae hyung & memeluk Kangin hyung. Semua lalu saling berpelukan,bahkan Donghae hyung mulai menangis. Kami semua menangis terharu. Pertemuan kembali yang tak terkira. Aku tak menyangka hari ini aku memeluk badan Kangin hyung yang makin berisi saja. ELF menangis di tempat mereka. Kami tidak mampu menahan rasa rindu ini. Sampai akhirnya Kangin hyung menepuk punggung kami satu per satu sembari berkata,”Seorang pria harus tegar,” ya,dialah appa kami.

”Mianhe semuanya…beberapa bulan terakhir ini aku membuat kalian cemas & kesal. Aku benar-benar minta maaf atas kesalahan & kekhilafanku. Aku berterimakasih pada ELF yang tetap mendukungku,tetap berada bersamaku di saat aku terjatuh. Mianhe,kamsahamnida,saranghaeyo…,”ucap Kangin di depan para ELF. Sementara kami sibuk mengendalikan emosi kami masing-masing & menghapus sisa airmata kami.

”Hyung & dongsaengku…mianhe,gomawo…aku berharap sekali dapat berpratisipasi di 4jib,namun ini bukan waktuku menemani kalian…aku ingin mengatakan,aku telah mempercepat pendaftaran wamil & awal Juli nanti aku akan mengikuti wamil selama 2 tahun,”ucap Kangin lagi sembari melepas topi dikepalanya,dan jelas sudah kepalanya sudah botak. Mendengar itu semua berseru riuh. Kami terkejut,hyung akan wamil lebih cepat?! Kenapa bisa seperti ini?!

”Untuk menebus kesalahanku. & agar aku bisa intropeksi diri…aku akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah ini,terimakasih atas dukungan kalian…saranghaeyo,”ucap Kangin hyung lagi sembari menunduk dalam. ELF menangis sehingga kami tidak dapat menahan tangis kami untuk pecah lagi. Kangin hyung juga ikut menangis,namun dia tersenyum sembari memeluk Eeteuk hyung. Tiba-tiba kru menayangkan tayangan saat kami bersama-sama dulu. Saat Super Junior Full House dimana Kangin hyung masih bertubuh proposional & tertawa riang bersama hyung yang lainnya,di Adonis Camp saat Sungmin hyung tertidur dengan Kangin hyung,di Star King saat Kangin hyung menangis melihat Kyuhyun mampu menyanyi lagi setelah kecelakaan,di EHB saat dia memeloroti celana Donghae hyung & Eunhyuk hyung. Semua diputar ulang dengan lagu Endless Moment.

“KANGIN OPPA HWATING! KANGIN OPPA SARANGHAEYO!!”teriak ELF dari tempat mereka.

”Saranghaeyo Kangin-ah,”Eeteuk memeluk Kangin,erat.

”Mianhe,”ucap Kangin saat kami memeluknya lagi. Setelah itu Kangin hyung meminta izin untuk pulang duluan karena harus mengurus pendaftaran wamilnya. Kami,mengantarnya dengan senyum. Tidak ingin menangis. Kami akan bertemu hyung lagi.

Akhir Juni 2010

Sungmin POV.

Seminggu lagi Kangin hyung akan resmi mengikuti wamil. Disela kesibukan kami,hati & pikiran kami terbagi kepadanya. 2 tahun kami tidak akan bertemu teman kami lagi. Beda halnya dengan Hangeng hyung yang sudah pulang ke Beijing untuk bersolo karir,toh kami masih bisa bertemu kapan-kapan di saat kami liburan atau SS3 di China nanti. Kami masih bisa berkomunikasi sama seperti dengan Kibum yang juga bisa kembali ke Super Junior kapan saja. Namun Kangin hyung beda. Dia akan wamil selama 2 tahun,seakan dikekang,dikurung di sebuah tempat. Kami mungkin dapat berkunjung sesekali. Namun kami tidak bisa bernyanyi bersama,menari bersama selama 2 tahun lamanya. Selain itu yang lebih sedih jika Kangin hyung absen selama 2 tahun di dunia entertaiment adalah fans. Selama 2 tahun,tidak ada karya terbaru dari seorang Kim Young Woon,tidak ada tawa seperti biasa di infotaiment atau variety show terbaru. Tidak selama 2 tahun. Karena itu manager mengatakan pada kami pagi ini. Kami akan rekaman sebuah lagu dengan Kangin hyung sebelum dia pergi.

”Lagu?”tanya kami berbarengan saat Eeteuk hyung mengatakan tugas kami selanjutnya.

”Aku tidak setuju ini menjadi tugas kita,”kata Donghae tegas.

”Wae?”tanya Shindong.

”Karena membuat lagu untuk seorang sahabat adalah hadiah…ayo kita berjuang untuk memberikan hadiah untuk Kangin hyung & ELF,”jawab Donghae mantap.

”Kau kadang jenius juga ya,”Heechul hyung menepuk-nepunk bahu Donghae yang mengangguk-angguk mantap.

”Ne,aku kan begini-begini pintar hyung,kau saja yang tidak memperhatikan,”kata Donghae.

”Yak,soalnya Heebum lebih menarik untuk diperhatikan daripada bocah ikan seperti kamu,”tanggap Heechul hyung.

”Haha! Sudah-sudah,nanti kepercayaan diri Donghae bisa hilang gara-gara kamu Chul,”kata Eeteuk.

”Nah,siapa yang mau mengarang lagunya?”tanya Yesung hyung.

”Aku!”Eunhyuk mengangkat tangannya dengan yakin.

”Aku setuju,Eunhyuk kan memang sering membuat lagu untuk kita,”kata Shindong.

”Ya,aku akan bantu mengkomposeri,”kata Donghae mantap.

”Semakin hari aku semakin yakin,komposer SM akan bertambah menjadi 3,”ucapku.

”Haha! Aku juga,yang jelas kita punya komposer pribadi yang jenius,bocah ikan!”tunjuk Heechul.

”Aish hyung,nanti aku goreng loh si Heebum,”ucap Donghae kesal.

”Mwo?! Kubunuh kau!”seru Heechul kaget.

”Sudah-sudah. Kita dikejar waktu juga dengan jadwal latihan & beberapa acara tv,ayo semua..hwaiting!”kata Eeteuk hyung. Kami semua mengumpulkan tangan kami & berteriak Hwaiting seperti biasa.

***

2 hari setelah itu Donghae & Eunhyuk ternyata sudah selesai membuat lagu. Judulnya A Short Journey. Lagu yang manis. Artinya begitu menyentuh. Kurasa wajar mereka mampu membuat lagu sebagus ini,karena dia merasakan sendiri. Dia akan berpisah dengan hyungnya selama 2 tahun.

”Yak,tebak siapa yang datang!”seru Eeteuk hyung tiba-tiba masuk ke dorm kami.

”Hyuuuung!”Ryeowook segera berlari ke arah Kangin hyung yang masuk dengan Eeteuk hyung & memeluknya.

”Hyung!”aku memeluk Kangin hyung diikuti yang lainnya.

”Eh,dorm ini makin berantakan saja,”kata Kangin hyung sembari mengitari matanya ke seluruh penjuru ruangan.

”Yak,ini dorm mereka. Bukan dorm kita,”kata Heechul hyung.

”Lalu?”tanya Kyuhyun sewot.

”Wajar saja berantakan,”jawab Donghae terkikik.

”Mwo? Pergi sana!”usir Yesung hyung sebagai leader di dorm kami ini.

“Haha! Kalem kalem…sekarang yang penting kita berkumpul. Tidak penting dengan tempat atau apa,jadi…welcome home,Kangin-ah,”ucap Eeteuk hyung. Kangin tersenyum manis & duduk di antara Donghae & Eunhyuk yang mengajarinya soal lagu. Ya,untuk sementara Kangin hyung akan menginap untuk latihan & rekaman.

”Yak,Kangin-ah,suaramu masih bagus kan?”tanya Heechul.

”Masih lah,kau sendiri tambah baguskah?canda Kangin.

”Iya dong! Aku kan sudah latihan setiap hari digemplong sama si kepala besar Yesung ini,”ujar Heechul sembari merangkul Yesung. Yesung melepaskan rangkulannya dengan kesal.

”Wae?”tanya Heechul kaget.

”Kepalaku tidak besar!”jawab Yesung kesal.

”Hahahaha!”tawa kami. Kecerian di dorm itu makin terasa saat Siwon datang membawa Pat Bing So & …

”Kibum-ah!”Donghae yang melihat Kibum masuk mengikuti Siwon dari belakang langsung meloncat memeluk Kibum. Dia memeluk adik kesayangannya itu sambil mengacak-acak rambut Kibum yang gondorong & sesekali mencium pucuk kepala Kibum.

”Kibum-ah kami merindukanmu,”Heechul hyung yang kedua memeluk Kibum. Heechul hyung juga sangat menyayangi Kibum,namun ternyata ada yang lebih merindukan Kibum.

”Meong!”si lincah Heebum yang dibawa hyung ke dorm kami meloncat ke kaki Kibum. Kibum tertawa & menggendong Heebum. Heebum ini kucing betina yang sangat genit menurutku. Dia sangat suka berada di antara cowok-cowok tampan & paling suka dipeluk cowok imut seperti Kibum.

”Hai Heebum,kau pasti merindukanku ya?”tanya Kibum pada Heebum yang dibalas miaw-an si Heebum.

”Kangin hyung!”Kibum segera memeluk Kangin hyung setelah meletakkan Heebum kembali ke lantai. Mereka saling berpelukan. Aku melihat dari sofa,tersenyum,Kyuhyun disampingku berdiri & memeluk Kibum juga. Aku,aku tidak mampu untuk berdiri. Aku senang,namun aku sedih…diantara kami,hanya Hangeng hyung yang tidak ada. Namun aku bukanlah tipe orang yang terlihat jika sedih & mudah menangis. Aku hanya tersenyum,saat Kibum mendekatiku,aku merangkulnya dengan hangat.

”Aku merindukanmu,”ucapku pada Kibum. Kibum membalas dengan senyuman manisnya.

”Jadi kalian semua akan membuat lagu ya?”tanya Kibum.

”Ne,kau juga ikut ya,kami selalu menyisakan bagian untukmu,juga untuk Hangeng,”jawab Eeteuk hyung yang suaranya nyaris bergetar lirih saat menyebut nama Hangeng hyung.

”Ahh aku ingin sekali. Tapi mianhe hyung,sepertinya aku juga tidak bisa mengantar Kangin hyung di hari-H. Mulai besok aku akan ke luar negeri untuk syuting film terbaruku,”ucap Kibum sembari memohon maaf pada kami semua.

”Kau main dengan siapa Kibum? Kau enak sekali ya,di antara kita kau ini yang paling sering mencium cewek,”tanya Heechul hyung sirik.

”Hahaha! Aku berharap aku akan dipasangkan dengan Song Hye Kyo nanti,”canda Kibum.

”MWO?!”Donghae,aku,Shindong & Ryeowook bahkan jika ada Hangeng hyung yang cinta berat dengan Song Hye Kyo berdiri tidak percaya.

”Hahahaha! Aigyooo aku Cuma bercanda. Tapi aku juga berharap kok! Hahahaha!”tawa Kibum.

”Aish kau! Kalau memang ada Song Hye Kyo di filmmu nanti,bujuk Lee Soo Man untuk mengikutsertakan aku ya,”kata Donghae sembari merangkul Kibum.

”Aku juga mau kalau begitu!”seru Kangin hyung tidak mau kalah.

”Yak! Kau kan mau dikerangkeng selama 2 tahun!”seru Heechul hyung.

”Mwo?! Cara bicaramu seolah aku ini kriminal yang akan dipenjara selama 2 tahun saja hyung!”

”Bukannya kau memang kriminal hyung? Kau sudah dicari-cari belasan cewek kan?”tanya Kyuhyun dengan tampang inosennya. Kangin berdiri tak percaya,mengepalkan tangan kanannya & hendak menghajar Kyuhyun yang bersembunyi di belakangku. Namun Eeteuk hyung & Shindong hyung menahan Kangin hyung.

”Sabar sabar…hahahaha!”kata Eeteuk hyung.

”Kalau mau marah,hajar Eunhyuk hyung saja hyung,dia yang membeberkan rahasiamu padaku,”tunjuk Kyuhyun ke arah Eunhyuk yang dari tadi Cuma cengeh-cengeh gaje.

”Mwo? Kau ini dongsaeng yang tidak tau terimakasih!”seru Eunhyuk.

”Terimakasih apa Hyuk? Terimakasih karena kau sudah membeberkan rahasiaku pada magnae kita?”Kangin hyung bersiap-siap menampar muka Eunhyuk bolak-balik. Eunhyuk menunduk-nunduk sampai Eeteuk hyung menahan Kangin hyung lagi.

”Sudah sudah…aish! aku stress sekali punya dongsaeng hiperaktif seperti kalian!”teriak Eeteuk hyung.

”Kan sudah kubilang…kita ini taman kanak-kanak,”timpalku.

”Hanya aku yang normal di sini,Siwon hyung saja juga jadi korban keabnormalan kalian,dia kurang iman,”kata Kibum sok inosen.

”Mwo? Aku kurang iman? Tidak salah Bum? Aku kan rajin berdoa ke gereja!”seru Siwon tidak terima.

”Haha!”Kibum hanya tertawa geli.

”Kau normal Bum? Kau itu yang PALING TIDAK NORMAL. Bahkan sebelum ada Kyu,saat kau masih menjadi magnae saja kau tidak berlaku selayaknya seorang magnae,”ujar Heechul tidak percaya.

”Yak hyung,aku kan memang berbeda dari Wookie mau pun Donghae hyung yang seperti bocah,”bela Kibum.

”Mwo?! Aku bocah? Hei Kibummie,siapa yang suka meluk-meluk aku sok manja jika sedang lapar atau minta ditemani ke swalayan sebelah tengah malam?”tanya Donghae tidak percaya.

”Yak! Kau memang bocah kok…bocah ikan,”Heechul hyung menabok kepala Donghae.

”Aish! Sakit hyung,”Donghae memegang kepalanya.

”Hei kalian ribut-ribut,ini nanti aku habiskan loh!”teriak Wookie dari dapur. Kami berlari ke arah dapur. Wookie ternyata sudah membuat Pat Bing Soo dengan Shindong dari saat kami sedang ribut-ributnya di ruang keluarga.

”Horeeee mari makaaaan!”seru Heechul hyung yang sangat bersemangat.

”Eit,”Shindong hyung menahan tangan Heechul yang sudah siap menyendok sesendok potongan buah kiwi & strawberry. Heechul melihat Shindong dengan tatapan kebingungan.

”Sebelum kita makan…kita main Let’s Learn English!”kata Eeteuk hyung.

”Aish…tidak bisakah kita makan ini dengan tenang hyung?”tanya Eunhyuk.

”No,we must play,”jawab Eeteuk hyung. Lagi-lagi,aku dapat menangkap cahaya kesedihan dimata Heechul hyung. Dia mungkin teringat Anya & Eva…atau bahkan dia teringat Hangeng hyung. Aku pun,hanya bisa tertawa & tersenyum menyembunyikan kesedihanku yang muncul tiba-tiba. Saat ini,pasti akan lebih sempurna jika Hangeng hyung ada di antara kami semua. Dan aku,hanya bisa tertawa bersama mereka. Tidak ingin menyisakan tangis yang begitu banyak di benak Kangin hyung untuk melepas kepergiannya beberapa hari lagi.

Malamnya kami semua tepar di tempat setelah seharian bermain & berlatih menyanyi. Kibum ternyata menginap & sedang ngobrol dengan Donghae,Siwon & Eeteuk hyung. Sementara Kyuhyun sibuk bermain ps dengan Kangin hyung sampai Heechul hyung mengusirnya untuk bermain dengan Kangin hyung.

“Yak,kau anak kecil tidur sana. Bukannya besok ada acara dengan K.R.Y pagi-pagi,biar aku main dengan Kangin,”kata Heechul hyung.

”Aish hyung,tanggung loh tanggung! Kapan lagi aku bisa mengalahkan Kangin hyung selain di game?”seru Kyuhyun sembari tetap fokus pada game.

”Kau memang terobsesi ya mengalahkanku?”tanya Kangin hyung yang juga tetap fokus.

”Ne,”jawab Kyuhyun.

”Ayoooo aku mau main!”rengek Heechul hyung.

“Siapa yang kalah gentian!”kata Kyuhyun akhirnya. Dan bisa ditebak,Kyuhyun tidak akan pernah kalah disetiap game yang dia mainkan. Akhirnya Kangin hyung kalah & gantian dengan Heechul hyung. Kangin hyung menghampiriku yang duduk di balkon menatap malam di kota Seoul.

”Kau belum mengantuk?”tanya Kangin hyung.

”Ne,saking senangnya hari ini,aku jadi tidak mengantuk,”jawabku.

”Tapi Shindong,Eunhyuk & Yewook sudah tidur,”kata Kangin hyung.

”Mereka kan memang luar biasa… hahaha! Lagian Yesung hyung & Wookie besok mau nampil di KBS pagi-pagi jam 7,jadi harus cepat tidur,”ujarku.

”Memang si magnae kita itu luar biasa. Besok nampil tapi tetap bertahan demi game sampai subuh,”kata Kangin hyung sembari membuka kaleng softdrinknya.

“Nanti juga tidur,”ujarku ikut membuka kaleng softdrink yang ditawarkannya.

”Kau tidak mengobrol dengan Kibum & yang lainnya?”tanya Kangin hyung.

”Ani,karena aku ingin mengobrol dengan hyung,”jawabku menggoda hyung.

”Aish kau banyak gombal,”kata Kangin hyung.

”Hahaha!”

”Yak,Sungminnie…aku titip mereka padamu…aku tau kau lebih kuat dari mereka. Kau bisa bela diri,kau bisa mengatur emosimu lebih baik daripada Eeteuk hyung. Kau memang tidak banyak membantu jika kita menghadapi masalah. Tapi kau memberi sedikit kesejukan dengan senyum & ketenanganmu pada kami,”kata Kangin hyung tiba-tiba.

”Darimana hyung tau?”tanyaku sembari tertawa kecil.

”Saat Eeteuk hyung memarahiku waktu aku tersandung masalah hukum lagi,kau yang menggosok-gosok punggungku & tersenyum lalu berkata,’Tenanglah,hyung marahnya Cuma sementara,’…aku ingat itu Sungminnie,terutama setelah Intimate Note,aku senang kita tambah dekat. Saat aku bilang aku tidak suka disentuh-sentuh,kau ingat kau berkata apa?”tanya Kangin hyung.

”Tapi kau tidak marah kan saat kusentuh-sentuh,”jawabku.

”Ne,karena kita satu. Ya kan?”ucap Kangin hyung sembari tertawa kecil. Kami lalu tertawa kecil. Namun,entah kenapa hatiku terasa begitu sakit. Malam ini akan terasa abadi bagiku. Aku ingin kami dapat bersama,tidak akan ada yang berubah. Namun aku tau itu mustahil.

”Kau menangis?”tanya Kangin hyung kaget. Ternyata,tanpa kusadari aku menangis.

”Andwae hyung,sepertinya aku mulai mengantuk,”aku mengeles.

”Begitu…ya sudah,masuk & tidur sana,”kata Kangin hyung. Aku mengangguk,namun aku masih di tempat.

”Hyung,kau sehat-sehat ya di sana,”ucapku.

”Ne,”

”Hyung,kalau keluar nanti harus lebih kekar ya,”kataku.

”Ne,”

”Hyung,ingatlah kami jika kau kesulitan. Ingat bahwa kami disini mendukung & selalu ada untukmu,”ucapku.

”Ne…Sungminnie,sudahlah jangan menangis,”ucapnya. Ternyata aku tidak bisa menghentikan tangisanku.

”Aku ngantuk hyung,”aku mengeles lagi.

”Ne,aku tau…,”

”Hyung,aku janji akan menengokmu jika waktuku kosong,”ucapku,dengan suara yang serak. Kangin hyung lalu memelukku dari samping. Aku menangis di dadanya. Persis seperti seorang adik kecil yang menangis dipelukan kakaknya.

”Kau juga,jaga kesehatan. Kau mau janji satu hal?”tanya Kangin hyung.

”Mwo?”tanyaku.

”Saat mengantarku nanti,jangan menangis ya…antar aku dengan senyuman andalan seorang Minnie,”pintanya. Aku mengangkat kepalaku & menatapnya. Tersenyum.

”Aku janji!”ucapku. Kangin hyung tersenyum & mengacak-acak rambutku.

”Hyung,kau sudah menelepon Hangeng hyung?”tanyaku.

”Ne,aku sudah kabari dia. Dia juga mengabari bahwa sebentar lagi dia akan tour solonya. Dia menitip salam untuk kalian semua,”jawab Kangin hyung.

”Aku…rindu saat kita bersama ber-13,”ucapku sedih.

”Bukankah pada akhirnya kita akan berakhir sendiri & kita harus kuat?”tanya Kangin hyung.

”Hyung,aku tidak mau membayangkan itu. Kita ini Super Junior,selamanya kita ber-13 dan tidak ada yang dapat mengubah kita!”seruku.

”Ne,aku tau…aku juga berharap seperti itu. Tapi apa pun yang terjadi,bukankah kita harus kuat untuk diri kita sendiri,itu maksudku,”

”Ne,itu benar,”

”Hyung! Sana main,aku mau tidur,yuk hyung!”Kyuhyun datang & menarik tanganku.

”Dasar bocah,kau harus jaga kesehatan,jangan main game terus,”kata Kangin hyung sembari mengikuti kami masuk.

”Aku tau…,ya sudah aku tidur ya,”kata Kyuhyun.

***

Heechul POV

Kangin duduk di sampingku. Dia mengambilalih stick ps milik Kyuhyun tadi.

”Yak,kalau kau kalah kau harus memijatku ya!”seruku.

”Kalau aku yang menang hyung yang memijatku,”kata Kangin.

”Oke,ayo kita habiskan malam ini dengan bermain ps sepuasnya!”

Akhirnya semalaman itu aku bermain game dengan Kangin. Kami menghabiskan malam ini dengan bersenang-senang. Kapan lagi coba aku bisa bermain game bersama dia seperti ini? Akan menunggu waktu lama,mana mungkin mulai tahun depan aku juga akan wamil jika aku mendaftar lebih cepat. Begini-begini aku sudah 28 tahun. Ah,jika memikirkan wamil aku teringat pesan Eeteuk pada Hangeng jika kami nanti wamil dia harus menggantikan Eeteuk menjadi leader memimpin yang lainnya. Namun Hangeng sudah pergi,jika Yesung yang menjadi leader kami malah tambah khawatir karena dia itu tidak bisa ditebak. Mungkin Shidong cocok jadi pengganti Eeteuk walau aku yakin itu bakal jadi kesempatan emasnya untuk mengumpulkan makanan dari para anggota.

“Hyung,nanti janji ya,kalau mengantarku tidak boleh menangis. Oke? Antar aku dengan senyummu atau kau bisa berdandan jadi Heesica supaya aku tidak akan menangis,”pinta Kangin setelah kami terkapar kelelahan di depan tv.

”Yang ada kamu tambah nangis,babo,”timpalku.

”Haha! Ah,aku ngantuk,besok kan kita harus rekaman,”Kangin menguap & menutup matanya dengan guling.

Aku ingin malam ini terus terulang. Bersama Hangeng juga,namun aku tau mimpi itu hanya akan terjadi jika Lee Soo Man itu melunak terhadap Hangeng. Hangeng-ah,aku merindukanmu.

***

Esoknya para member Super Junior sudah bersiap-siap untuk rekaman sekaligus mengantar Kibum untuk kembali lagi ke dunianya yang lain di sana. Yang member lain tidak pernah melihat bagaimana kesibukan Kibum sebenarnya.

”Hyung,aku pergi ya,”pamit Kibum pada Eeteuk.

”Ne,ingat Bummie-ah,kau harus cepat kembali pada kami. ELF sudah menunggumu,mereka selalu meneriakkan namamu,”pesan Eeteuk.

”Ne,aku tau. Aku pamit hyung,jaga dirimu baik-baik. Aku akan merindukanmu,”Kibum memeluk Kangin.

”Yak Bummie-ah,kau juga harus jaga kesehatanmu ya. Ingat pesan Eeteuk hyung,cepatlah kembali lagi ke Super Junior. Aku harap saat aku keluar wamil nanti,kau sudah menyambutku dengan member lain,”ucap Kangin.

”Ne,selamat jalan hyung,”ucap Kibum.

”Kau juga,”kata Kangin.

”Hei hyung,nanti kita main lagi ya,”Kibum mendekati Donghae yang mulai sedih karena Kibum akan pergi dan entah kapan mereka akan bertemu lagi. Donghae langsung memeluk Kibum.

”Aku akan datang diulangtahunmu lagi Bummie-ah,hati-hati ya,”ucap Donghae menahan tangisnya.

”Jangan nangis cengeng,”tawa Kibum. Donghae hanya tertawa kecil walau setitik air terlihat diujung matanya.

”Heebum,dadah,”Kibum menggendong Heebum yang digendong Heechul.

”Hyung,kalau kangen aku liat Heebum saja ya,”canda Kibum.

”Sudah dari dulu kulakukan kok,aku sampai bosan,”sahut Heechul.

”Hahaha! Heebum,kau harus sehat-sehat ya,”pesan Kibum.

”Miaw!”balas Heebum. Kibum memberikan Heebum pada Heechul lagi.

”Sungmin hyung,salam ya buat Kyuhyun,Ryewook & Yesung hyung,”ucap Kibum.

”Ne,hati-hati Bummie-ah,”

“Aku pergi ya,bye,”pamit Kibum.

“Bye,”seru yang lainnya. Setelah itu Kibum naik ke mobilnya & meninggalkan halaman apartemen mereka. Setelah Kibum pergi,member Super Junior lalu naik ke mobil yang menjemput mereka ke kantor SME. Di sana K.R.Y sudah menunggu setelah selesai live. Mereka lalu bersiap untuk rekaman.

”Apa nama lagu ini?”tanya manager saat kami bersiap-siap dengan mic mereka masing-masing.

”A Short Journey,”jawab Eunhyuk.

“Nice title,coba nyanyikan,”pinta manager sebelum member memulai rekaman yang sebenarnya. Hampir semua member ikut berpartisipasi dalam rekaman itu namun 70% yang menyanyikan lagu itu adalah Kangin.

“Ya bagus! Mari kita mulai,”manager memberi aba-aba dan semua member mulai menyanyikan lagu mereka.

Donghae yang memulai rap di lagu ini,dia menarik nafas dalam-dalam & menghelanya agar dapat focus pada rekaman ini. Donghae lah yang paling cengeng jika ada member yang pergi. Apalagi Kangin,hyungnya yang paling jahil & suka memeloroti celananya. Hyungnya yang suka main fisik namun itu semua dilandasi rasa sayang & hyungnya yang memiliki hati yang paling lembut,Kim Young Woon. Donghae menunduk,menghapus air matanya,tidak ada yang memperhatikannya karena semua fokus pada rekaman,semua fokus pada suasana hati masing-masing.

“Neol saranghaetdeon ee nae mami,

Neol barabwatdeon nae du nuni

Ajikdo yeogie…”

‘Untuk 2 tahun ini privasiku aman…tidak ada lagi yang memeloroti celanaku,tapi …,’ucap Donghae dalam hati,airmatanya menetes,dia menunduk agar Kangin tidak dapat melihatnya menangis.

“Oh baby say goodbye oh jamsiman goodbye

Annyeongiran mareun jamsi jeobeodulke”

Sungmin dari pagi hanya mengumbar senyum. Tidak banyak bicara. Namun itulah caranya untuk menyembunyikan kesedihannya. Ingatannya berputar-putar saat mereka di Intimate Note,momen yang membuat mereka tambah dekat. Saat Kangin memeluknya,saat Kangin menyemburkan cola ketika mereka meminum cola itu bersama,saat mereka berlari-lari & berputar-putar bersama seperti anak kecil. Semua telah mereka lalui,saat mereka tidur berdua. Dan pesan Kangin semalam agar Sungmin menjaga member yang lain.

’Kau yang terbaik. Kau adalah appa bagi Super Junior,semoga 2 tahun akan kami lalui tanpa terasa agar kita bisa bersama lagi. Menyanyi bersama,’batin Sungmin.

”Jeo muneul yeolgoseo han georeum naemilmyeon”

Eeteuk juga harus menguatkan hatinya. Untuk sementara couplenya akan pergi. Ya,KangTeuk yang sangat digemari ELF mungkin akan kalah pamor oleh EunHae yang masih akan tetap eksis 3 tahun kedepan. Eeteuk sangat berharap tetap dapat berkumpul bersama dongsaeng-dongsaengnya. Tanpa terkecuali,jika bisa dia sangat ingin menyusul Hangeng ke China & memohon agar dia kembali. Namun semua keputusan ada di tangan dongsaengnya itu,dia memang leader,namun bukan orang yang menentukan nasib mereka semua.

”Kko kkeuteuro jeonhaejineun neoui sumgyeol”

Yesung juga salah satu korban kejahilan Kangin. Walau begitu mereka sangat akrab karena beda usia mereka Cuma terpaut beberapa bulan & nama mereka kembaran. Kangin sering berkata jika Eeteuk wamil,Heechul wamil,dialah yang akan menggantikan menjadi leader karena dia tidak yakin dengan kemampuan Hangeng yang lembut atau Yesung yang terlalu aneh. Walau begitu,Kangin sering curhat dengan Yesung jika dia mengalami masalah.

“Chagaun geu baram soge ddaddeuthan neoui songili handongan nama itneungeol

Ontong geudae heujeoki nunmuli dwe-eo nae du bbyam wi-e meomuneun geol”

Eunhyuk teringat momen disaat Kangin memeloroti celananya diEHB. Teringat saat mereka berpakaian serba cewek di Intimate Room. Kenangannya saat dikerjai Kangin,saat Kangin dibekukan oleh Soo Man karena kasus tabrak larinya,Eunhyuklah yang juga paling keras memprotes keputusan managemen.

“Jamsi dongan yeohaengeul ddeona gaseum apeun sangchyeo dakka naegoseo

Sigan heulleo geudael mannamyeon bogo

Shipeotdeon nage malhaejulke”

Kangin tau saat ini semua isi hati member Super Junior. Dibalik senyum,dibalik diam mereka,dibalik topi dan kepala yang menunduk itu ada airmata mereka. Kangin ingin menyekanya,namun dia sendiri tidak sanggup mendekati mereka. Dia sendiri harus menguatkan hatinya agar rekaman ini berjalan lancar. Ya,rekaman terakhirnya bersama Super Junior sebelum dia pergi selama 2 tahun.

“Oh baby say goodbye oh jamsiman goodbye

Annyeyeongiran mareun jamsi jeobeodulke”

Kyuhyun adalah satu-satunya yang tidak gentar jika Kangin mulai usil. Yang ada malah Kyuhyun yang mengusili hyungnya itu sehingga Kangin paling malas jika bertemu Kyuhyun,dia tau,Kyuhyun akan tersenyum licik & tinggal menunggu waktu,Kangin akan dikerjai oleh evil magnae itu.

“Kau ini yang paling bungsu tapi berani sekali mengerjaiku,”ucap Kangin tak percaya.

“Ya hyung,aku kan tidak sebego mereka,”tunjuk Kyuhyun kea rah Eunhyuk dan yang lainnya.

“Benar-benar evil magnae,”seru Eunhyuk & Donghae lalu mengejar Kyuhyun. Kyuhyun bersembunyi dibalik Eeteuk.

Waktu yang berlalu bersama ke-12 hyungnya itu begitu berharga buat Kyuhyun. Rasa sayangnya melesat setelah dia diberi kehidupan yang ke-2 setelah kecelakaan. Baginya,tidak ada yang paling membahagiakan selain menyanyi bersama ke-12 hyungnya di panggung. Dan sekarang,mereka harus menyanyi bersepuluh. Tanpa Kangin untuk 2 tahun kedepan. Tanpa Kibum yang entah kapan dia akan kembali & tanpa Hangeng yang mungkin tidak akan kembali lagi. Hati Kyuhyun terasa sakit jika mengingat mereka saat ini tidak lengkap seperti dulu lagi.

“Jeo muneul yeolgoseo han georeum naemilmyeon

Kko kkeuteuro jeonhaejineun neoui sumgyeol”

Wookie teringat saat hyungnya itu mengajakknya minum sampai pagi sehingga mereka berdua kena marah oleh Leeteuk. Kangin juga suka menyembunyikan tas make up Wookie & tertawa saat melihat Wookie yang tanpa make up sehingga Kangin berkata,”Hahahaha! Dia ini siapa? Dia penyeludup ya?!” …wookie yang paling mudah terharu,saat Kangin menyemangatinya & memuji suara powerfullnya tidak tahan meneteskan airmata,namun segera dihapusnya & dia menarik nafas dalam-dalam lalu tersenyum tegar.

“Keureohke ddo haega jijo dari ddeuneun oneul yeoksi byeonhami eobneunde

Oh,wae jakkuman nae mameun ireohke bbareuke dallajineunji

Param haneul dalmeun geudaeui moseubeun eoneu saen-ga bireul naerigo

Ee bitsoke momi jaejaumyeon haureuneun nunmul ddawain kamchwodulge yeah~”

Semua kenangan tetang Kangin berputar-putar di benak para member masing-masing. Mereka diam namun hati mereka saling berhubungan. Yang mereka pikirkan hanya satu saat ini. Semua dengan pemikiran mereka masing-masing,mengenang masa-masa saat mereka bersama selama kurang lebih 5 tahun ini.

”Oh baby say goodbye oh jamsiman goodbye

Annyeyeongiran mareun jamsi jeobeodulke”

Shindong adalah member yang seumuran dengan Kangin. Dia berharap saat dia wamil ada Kangin bersamanya,namun Kangin pergi duluan. Mungkin dia akan wamil barengan dengan Sungmin nanti. Shindong paling kompak jika sedang bersama Kangin. Kangin tidak bisa mengerjai Shindong,Kangin sendiri menghargai Shindong & sering mentraktir Shindong diam-diam dari dongsaengnya yang lain.

”Jeo muneul yeolgoseo han georeum naemilmyeon

Kko kkeuteuro jeonhaejineun neoui sumgyeol”

Siwon hampir tertawa mengenang saat dia ingin memeloroti celana Kangin namun ternyata Kangin sudah memakai ikat pinggang untuk mengantisipasi balasan dari orang-orang yang dia kerjai. Siwon tertawa namun dia lalu terdiam,dia hampir menangis. Orang itu,yang saat ini sudah gendut hampir menyamai Shindong akan pergi 2 hari lagi. Dan,seperti semuanya,keinginan Siwon hanyalah satu masa lagi untuk Super Junior dengan member yang lengkap akan terulang kembali. Sangat memohon,sangat menginginkan. Karena disinilah dia merasakan persaudaraan yang tidak sedarah ini begitu kuat. Disinilah dia belajar banyak tentang kasih sayang.

“Jinan sigan neomu eoriseokeotdeon nae meotdaeroyeotdeon geureon nae moseub modu kamssajwotdeon

Nega naeomu sojunghan geol”

Hangeng. Di tempat yang berlainan di Beijing sana,menatap fotonya dengan 12 member Super Junior. Semalam pun Eeteuk meneleponnya mengatakan rekaman terakhir dengan Kangin hari ini,apakah Hangeng bisa datang. Bukan semalam saja Eeteuk meneleponnya,saat pertama kali manager mengabari rekaman ini,Eeteuk bahkan Donghae meneleponnya mengatakan selalu ada tempat untuk Hangeng…di lagu ini,juga di lagu yang lainnya. Namun semua tidak mungkin. Saat ini jalan mereka sudah berbeda. Hangeng telah memilih pilihannya sendiri,walau berat tapi dia akan selalu menyayangi semua saudaranya itu.

”Kangin-ah,mianhe,”isak Hangeng. Dia merindukan Kangin. Dia merindukan tawa & senyum licik Kangin sebelum dia mengerjai siapa pun di Super Junior. Bukan hanya Kangin,dia rindu dengan semuanya. Dia rindu Heechul yang suka merengek & mengerjainya,namun semua itu hanya dapat dikenang. Dia harus fokus dengan apa yang dipilihnya saat ini. tak selamanya rasa sayang itu harus ditunjukkan saat kita bersama,namun dari jauh sini Hangeng selalu mendoakan kesuksesan Super Junior.

”Oh baby say goodbye oh jamsiman goodbye

Annyeyeongiran mareun jamsi jeobeodulke”

Heechul lah yang paling terluka. Belum sembuh betul sejak kepergian Hangeng,sekarang,bahkan saat pertama kali Kangin mengumumkan wamilnya Heechul merasa sangat sedih. Kebersamaan Super Junior telah mengubah hidup Heechul,dia benar-benar menemukan saudara di sini. Walau dia tau,sejauh apa pun salah satu dongsaengnya ini berada,walau mereka terpisah,namun hati mereka tetap satu sebagai saudara.

”Jeo muneul yeolgoseo han georeum naemilmyeon

Kko kkeuteuro jeonhaejineun neoui sumgyeol”

”Oh baby say goodbye oh jamsiman goodbye

Naega itdeon geu jariro dolagalge

Jeo muneul yeolgoseo han georeum naemilmyeon

Bogo shipdeon ne ape seol su itdorok”

“Neol saranghaetdeon ee nae mami,

naeol barabwatdeon nae du nuni…

kidarilge”

Rekaman selesai. Rekaman yang begitu penuh emosi masing-masing member. Mereka terdiam. Lalu Kangin berjalan ke arah Heechul yang dari tadi menunduk,dia memeluk Heechul.

”Huks,”tangis Heechul pecah. Melihat hyungnya menangis,Ryeowook pun menangis & Yesung langsung memeluk dongsaengnya itu. Donghae diam di tempatnya & hanya tersenyum,mencoba menguatkan hatinya namun airmata itu tetap mengalir.eunhyuk telah menangis dipelukan Siwon. Eeteuk lalu menepuk-nepuk bahu Sungmin yang dari tadi hanya tertawa gaje,”Menangislah jika ingin menangis,”ucapnya. Padahal mata Eeteuk juga merah,padahal hidungnya memerah & suaranya jadi parau,namun dia tau Sungmin mencoba menahan sejak kemarin. Dia tidak ingin ada yang menahan perasaannya hari ini.

”Hyung,”ucap Sungmin. Dia lalu terdiam. Eeteuk mengangguk & tersenyum,lalu memberikan dadanya pada Sungmin,Sungmin menangis dipelukan Eeteuk.

”Sungmin-ah,mianhe…,”Kangin yang melihat Sungmin menangis mendekat & mengacak-acak rambut Sungmin. Kyuhyun yang melihat hyung-hyungnya menangis hanya melihat dari belakang,mencoba menahan tangisnya agar tidak pecah.

”Gwenchana hyung,aku akan menepati janjiku,”ucap Sungmin menghapus airmatanya. Shindong juga melihat dari pojokan,terdiam. Dia mungkin member yang paling kuat diantara yang lainnya,namun kesedihan tetap tampak di raut wajahnya. Melihat suasana biru di ruangan rekaman itu,manager & staff lainnya ikut menitikkan airmata di luar.

”Hyung,ayo kita ucapkan HWAITING seperti biasa!”Eunhyuk berteriak setelah berhasil mengendalikan emosinya.

” Ne,ayo!”ucap Eeteuk. Semuanya lalu membentuk lingkaran & berkata,”ha dul se nek,HWAITING!!”

”Foto foto foto!”Siwon membawa kameranya. Manager lalu masuk & mengambil beberapa foto mereka.

“Urineun,Super Junio-eh!!!”teriak mereka sambil bergaya seperti biasa.

“Saranghaeyo saranghaeyo!”seru Donghae mengajak semuanya berpose ala saranghae.

“Ah,Haengbok?!”seru Kangin.

“Ne!”jawab Donghae bersemangat.

“Ayo,saranghaeeeee,”semua member membentuk lambang cinta dengan pasangan disebelah mereka masing-masing.

Rekaman hari itu berakhir dengan mengharukan. Namun member memutuskan hari itu harus diakhiri dengan kegilaan seperti biasanya.

5 Juli 2010

Sungmin POV

Hari ini adalah hari perpisahan kami dengan Kangin hyung. Kami sudah menunggunya & tak lama kemudian seorang pria gemuk memakai topi & kaus biru turun dari mobil sedan berwarna hitam. Dia tersenyum & memberi salam pada ELF sepanjang jalan dia ke arah kami. Kami lalu menyambutnya dengan pelukan.

Aku bisa melihat betapa kuatnya Kangin hyung mempersiapkan dirinya hari itu. Dia mencoba untuk tidak menangis tapi airmatanya tetap mengalir.

Aku juga,aku tidak bisa menjaga janjiku padanya. Aku tidak bisa menahan diri untuk tidak menangis. Karena itu agar Kangin hyung tidak sadar bahwa aku tidak menepati janji,aku tetap berada di ujung & menarik topi putihku yang kami beli bersama saat kami ke Macau tahun lalu.

”Aku minta maaf atas kelakuanku selama ini. aku ingin mengucapkan terimakasih,semoga kita dapat bertemu lagi secepat mungkin. Aku menyayangi kalian semua,gomawo,”ucap Kangin pada ELF. Tiba-tiba Kangin hyung berlutut & sujud di depan semuanya.

”Kyaaaaaa! Aniyo Kangin oppa!!!”teriak ELF.

”Kangin,”Shindong tidak mampu menahan tangisnya,dia menutup matanya dengan telapak tangan kanannya. Hatiku pun merasa sakit. Untuk apa dia bersujud?! Untuk apa?!

”Mianhe…mianhaeyo,”ucap Kangin.

”Oppa! wae?!”tanya ELF histeris.

”Aku Cuma ingin mengucapkan terimakasih. Aku benar-benar bersyukur telah memiliki kalian semua,telah memiliki anggota Super Junior yang lainnya,”ucap Kangin. Eeteuk lalu memeluk Kangin hyung,diikuti yang lainnya. Aku tidak mengikuti mereka untuk memeluk Kangin hyung. Aku takut dia mengetahui bahwa aku tidak sanggup menepati janjiku.

Kangin hyung berdiri di samping Yesung hyung & mengintip apakah Siwon & Yesung hyung menangis. Dia lalu berkata,”Haha! Kalian ini…pasti bakal kangen aku ya?”tawanya. Dasar Kangin hyung,masih sempat-sempatnya bercanda untuk menghibur Yesung hyung yang sudah menangis.

Kami lalu saling berpelukan lagi karena waktu kami terbatas. Aku cepat-cepat menghapus airmataku. Aku mengangkat kepalaku. Menatap wajah Kangin hyung yang sudah tersenyum lembut untukku.

”Sungmin-ah,sampai jumpa lagi,”ucapnya. Aku tersenyum. Aku merasa jika aku membalas ucapannya,tangisku akan pecah lagi. Namun aku harus membalas ucapannya. Aku ingin mengatakan betapa aku akan merindukannya. Aku ingin mengatakan betapa aku menyayanginya. Kami memang pernah tidak cocok,aku pernah ditolak Kangin hyung secara tidak sengaja,mungkin aku harus berterima kasih pada Intimate Note yang sudah membuat kami mengetahui perasaan kami masing-masing yang sempat bersimpangan jalan. Saat ini,hyung adalah seseorang yang sangat aku sayangi.

”Ne,jaga dirimu hyung…,”suaraku mulai parau.

“Saranghee,aku akan merindukanmu,”aku tak tahan & tangisku pecah lagi. Kangin hanya menepuk-nepuk punggungku. Layaknya seorang ayah,dia menangkanku. Dia berkata,”Ayo,kau harus tepati janjimu. Mana senyummu yang imut itu?”tanyanya. Aku lalu tersenyum,tersenyum semanis-manisnya untuk hyungku tersayang.

Selamat jalan hyung. 2 tahun lagi pun kami akan menjemputmu seperti kami mengantarmu hari ini. Jika bisa akan kuseret Kibum jika dia masih belum kembali & akan kujemput Hangeng hyung. Lalu setelah itu kita akan bernyanyi bersama lagi. Rekaman bersama,tertawa & bermain bersama di taman kanak-kanak ala Super Junior ini. Dan 8 tahun lagi,setelah semuanya dapat kembali ber-13 lagi,kita akan membuat film bertapa hebatnya persaudaraan ini. Betapa hebatnya Super Junior.

THE END

 

11 Tanggapan to “A Short Journey”

  1. choichawon 26 Agustus 2010 pada 4:17 AM #

    hikz…. jadi ingat intimate note sungmin kangin..

    aghh.. sukaa!! sungmin oppa jangan sedih iah T.T

  2. KYUnaMIN 26 Agustus 2010 pada 4:20 AM #

    T.T
    yang nulis tanggung jawab

    • cagalli14 28 Agustus 2010 pada 4:02 PM #

      yg nulis : *kaboooooor*

  3. reska 28 Agustus 2010 pada 1:22 PM #

    T.T
    bnjir air mta bngt bcany
    yg nulis tanggung jwb
    jd kngen suju complete ber 13 lg….

    • cagalli14 28 Agustus 2010 pada 4:02 PM #

      yeaaay mianheee T.T aku jg pas nulis nangis nih hehe,sedih T.T
      gomawo udah baca :’)

    • superjrshinee 30 Agustus 2010 pada 4:34 AM #

      iah andai mereka bisa kumpul lagi di 1 panggung T.T

      kangen kibummmmm

  4. Rina Rainism Elf Saranghae Yesung 3 Januari 2011 pada 5:54 PM #

    .g tau mo ngucapin p,
    air mata ini utk x_an SUJU.
    Q ingin mlht x_an br13.
    Bogosipda Kangin oppa!

  5. cagalli14 11 Mei 2012 pada 8:23 AM #

    gara-gara dimention link ff ini baca lagi deh ..mewek lagi ..huks ;;
    ini siapa yg nulis siapa yg nangis? hahaha goblok ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: